Artikel

Memperingati Tahun Baru Islam 1446 H di Istana Yatim & Tahfidz Quran Daarul Adzkar

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1446 H, Istana Yatim & Tahfidz Quran Cabang Bandung mengadakan MABIT (Malam Bina Iman & Takwa) yang diselenggarakan pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 11-12 Juli 2024 dengan tema "Kebersamaan dan Penguatan Visi Misi Jati Diri Santri".

Kegiatan ini dilaksanakan di Ciwidey dengan mengundang 2 pemateri. Yakni Bapak Novi Setia Nurviat (Ketua Yayasan Daarul Adzkar), beliau menyampaikan materi tentang penguatan visi misi jati diri santri. Pemateri kedua yakni Umi Imas Maspupah, beliau merupakan Pengasuh dan Pengajar Istana Yatim & Tahfidz Quran Daarul Adzkar Cabang Bandung, menyampaikan materi tentang esensi hijrah.

Dalam kegiatannya, panitia juga mengagendakan kegiatan tahajud dan muhasabah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Iman dan Takwa. 

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah untuk mengingatkan kita semua khususnya Santri Istana Yatim & Tahfidz Quran Daarul Adzkar tentang pentingnya kebersamaan dan visi misi dalam membangun jati diri yang tangguh dan berakhlak mulia.

Tak hanya itu, bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang istimewa karena di dalamnya terdapat salah satu peristiwa yang menjadi awal untuk kebangkitan Islam yaitu hijrahnya Rasulullah SAW ke kota Madinah. Maka di dalam acara ini disampaikan pula tentang bagaimana makna hijrah dalam konteks kehidupan.